Uncategorized

Software Akuntansi M Y O B

PENGERTIAN MYOB

MYOB merupakan kependekan dari Mind Your Own Business. Program aplikasi komputer yang di gunakan sebagai aplikasi otomatis pembukuan yang mudah dan mampu menampilkan laporan keuangan secara lengkap, cepat dan akurat.
Program ini di buat oleh MYOB Limited Australia. Myob Limited merekomendasikan MYOB Accounting dapat di terapkan pada 105 jenis perusahaan, sehingga dapat di komputerisasikan pada proses akuntansi bisnis dengan menggunakan Accounting Plus.
MYOB Accounting mempunyai berbagai keunggulan di bandingkan dengan software sejenis, di antaranya:
• Mudah di gunakan ( User Friendly )
• Cocok untuk situasi dan kondisi bisnis di Indonesia
• Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat
• Kemampuan menampilkan data secara cepat dan mudah
• Sistem sekuriti yang memadai Laporan keuangan dapat di aktifkan dengan Microsoft Excel tanpa melalui proses export-import

Modul MYOB

MYOB

MYOB Acccounting V.13 di lengkapi dengan delapan modul yang di tunjukkan dengan beberapa fungsi yang terdapat di commad centre, yaitu :
1. Account, adalah komponen utama aktivitas sistem akuntansi peusahaan dan merupakan ringkasan dari seluruh aktivitas perusahaan tersebut.
2. Banking, berfungsi untuk memasukkan transaksi-transaksi penerimaan, pengeluaran kas serta merekonsiliasi rekening koran dengan akun-akun bank pada buku besar.
3. Sales, berfungsi untuk mencatat aktivitas- aktivitas penjualan, pembayaran pelanggan, dan penerbitan laporan-laporan yang terkait.
4. Purchase, berfungsi untuk mencatat aktivitas-aktivitas pembelian, pembayaran kepada pemasok.
5. Time Billing, berfungsi untuk mendefinisikan aktivitas-aktivitas, mencatat slip-slip aktivitas, menyiapkan faktur tagihan untuk aktivitas akuntansi yang dapat di bebankan.
6. Inventory, berfungsi untuk mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pemeliharaan item-item persediaan.
7. Payroll, berfungsi untuk mencatat transaksi penggajian karyawan atau pegawai meliputi perhitungan gaji pokok dan bonus.
8. Card File, berfungsi untuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, dan mengelompokkan catatan individu, perusahaan dan lembaga tersebut.

Beberapa produk release terakhir yang dijual untuk wilayah Asia yang dapat digunakan untuk pengguna di Indonesia antara adalah:
1. Business Basic
2. Accounting versi 17
3. Premier versi 11
4. Retail Manager versi 7

Point 1, 2 dan 3 merupakan software MYOB untuk pengelolaan administrasi backend, sedangkan point 4 digunakan untuk pengelolaan front end retail seperti toko, supermarket dan sejenisnya. Sebelum memutuskan untuk membeli produk ini, pahami kebutuhan Anda terlebih dahulu, apakah transaksi berkaitan dengan mata uang asing, digunakan pada saat yang bersamaan, memerlukan pengelolaan item persediaan, dsb. Dengan demikian diharapkan investasi pembelian software yang Anda keluarkan tidaklah sia-sia.

Keuntunggan MYOB :
1. Kemudahan penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakannya walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali.
2. Accounting Power, sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software ini cukup dapat diandalkan.
3. Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta
4. Departmentalisasi.
5. Proses instalasi dan maintenance yang murah.
6. Tenaga kerja yang paham MYOB cukup banyak.
7. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan
8. Nilai investasi yang relatif murah.
9. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat.

Kelemahan MYOB :
1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.
3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
4. untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi.
5. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
6. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.

Fitur Dalam MYOB
MYOB juga menyertakan beberapa program tambahan lainnya, antara lain :
1. MYOB ODBC, merupakan program yang akan anda butuhkan bila anda ingin memberikan akses bagi perangkat lunak lain (secara Read Only untuk MYOB Premier V7 ke bawah, fungsi ReadWrite baru bisa dilakukan melalui MYOB Versi 8.x dan versi selanjutnya) ke Database MYOB melalui ODBC Data Source (Menggunakan DSN ataupun tidak). dengan memanfaatkan konektifitas antar database yang telah disediakan dalam Sistem Operasi Windows.
2. Templates Upgrade Assistant, merupakan program tambahan yang bisa anda gunakan untuk meng-upgrade template dokumen (edited forms), laporan dan surat standar yang telah anda buat dengan menggunakan program MYOB versi-versi sebelumnya, sehingga dapat digunakan pada program MYOB Premier Versi yang berjalan.
3. BASLink dan M-Powered Import Assistant (Untuk versi Australia), belum dapat digunakan karena belum adanya sarana pendukung yang dibutuhkan untuk menggunakan kedua fasilitas tersebut di Indonesia

Memulai MYOB Accounting

ss

MYOB Accounting di mulai dengan membuat data perusahaan baru. Caranya dengan klik tombol Create new company file pada jendela start-up.

1. Akan tampil kotak dialog New Company File Assistant yang berisi teks introduction atau pengenalan. Kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan.
2. Akan tampil selanjutnya adalah kotak dialog wizard Company Information. Kotak ini adalah tempat untuk mengisikan data informasi umum perusahaan. Setelah selesai tekan tombol Next.
3. Setelah itu Wizard Accounting Information akan tampil. Kotak ini merupakan periode akuntansi perusahaan. terdiri dari 4 pertanyaan umum yaitu :
a. Current Financial Year ( Tahun periode berjalan ) : isi dengan tahun pembukuan keuangan perusahaan
b. Last Month of Financial Year ( bulan tutup buku ) : isi bulan terakhir pembukuan, co; Desember
c. Conversion Month ( bulan awal buku ) : isi bulan awal pembukuan, co; Januari
d. Number of Accounting Periods ( periode bulan dalam satu tahun ). : isi Thirteen ( 13 ) atau twelve ( 12 )
4. Data periode akuntansi yang sudah di isikan melalui Wizard Accounting Information akan di tampilkan kembali dalam konfirmasi. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki data manakala terjadi kesalahan input. caranya klik Back, kalau datanya sudah benar klik Next.
5. Langkah ini memunculkan Wizard Account List. Kotak dialog tersebut berfungsi memunculkan pilihan pembuatan daftar akun yang di inginkan. Ada 3 pilihan, di antaranya :
a. I would like to start with one of the last provided by MYOB Accounting.
Artinya daftar akun yang dipakai nantinya oleh perusahaan adalah daftar akun yang di sediakan oleh MYOB.
b. I would like to import list of account provided by my accountant after I’m done creating my company file.
Artinya, tombol pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengimpor daftar akun yang di miliki perusahaan.
c. I would like to build my own accounts list once I begin using MYOB.
Tombol pilihan ini di gunakan apabila perusahaan ingin membuat daftar akunnya sendiri pada MYOB.
6. Langkah berikutnya di tentukan jenis usaha pada bagian Industry Classification. Pilihan All digunakan untuk menampilkan semua kelompok usaha.
7. Lalu pada bagian Type of Bussiness klik panah drop down, akan tampil kotak dialog Select from list, pilih type usaha yang di jalankan, contoh retail business lalu klik Use Bussiness Type. kemudian muncul Account list sesuai dengan pilihan. Selesai lalu next.
8. Berikutnya proses penyimpanan. Standarnya MYOB akan menetapkan alamat file pada C : \myob 13\ nama perusahaan.dat.
* ( klik tombol Next untuk melanjutkan penyimpanan. Klik tombol Change jika ingin memindah tempat penyimpanan di drive/ folder lain beserta nama filenya )
9. Proses pembuatan file perusahaan akan di proses. Hasilnya akan muncul Congratulation ! artinya proses pembuatan filoe sukses. Untuk masuk ke menu utama Myob, klik tombol Command Centre.

Start -up merupakan jendela untuk memulai program MYOB Accounting. Jendela strat-up ini dapat di munculkan dari tombol start biasa pada tool bar atau klik 2 X ( dua kali ) pada short cut MYOB Accounting.
Jendela Start- up memiliki 5 macam tombol penggunaan, antara lain :
1. Open your company file : membuka data akuntansi yang sudah pernah di kerjakan
2. Create the new company file : membuat data akuntansi Myob yang baru.
3. Explore the sample company : mengeksplorasi 105 sample/ contoh-contoh perusahaan yang memakai MYOB Accounting.
4.What’s new in this version : mengetahui berbagai fitur kelengkapan MYOB dalam setiap versinya.
5. Exit Myob Accounting : keluar dari program MYOB Accounting.

Siklus Akuntansi Manual Pada MYOB

siklus MYOB

Sistem Kerja Siklus MYOB

sistem kerja MYOB

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d blogger menyukai ini: